Sunday, October 20, 2013

Cara Tuning Gitar

Mungkin Bagian yang paling menjengkelkan adalah belajar untuk mentuning gitar bagi pemula, Karena kebanyakan pemula bermain gitar dengan suara gitar yang false itu di sebabkan mereka belum mahir atau belum bisa mentuning gitar mereka.

Seberapa seringkah saya harus mentuning gitar saya?

Anda harus mentuning gitar anda setiap anda mau memainkan gitar, apalagi jika anda menggunakan gitar yang murah maka anda harus sering mentuning gitar anda karena gitar murah dapat dengan mudah tuningnya berubah dengan sendirinya. Pastikan gitar anda dalam keadaan tidak false jika anda ingin memainkannya, dan cek setiap saat agar tidak kembali false.

Seberapa lama untuk mentuning sebuah gitar?

Pada awalnya mungkin akan memakan waktu 5 menit atau lebih, tetapi semakin anda terbiasa dengan tuning maka akan semakin cepat untuk melakukannya.

Untuk memulai mentuning gitar anda akan membutuhkan sebuah sumber suara dengan pitch yang tepat. sekali anda menemukan sumber suara yang tepat (contohnya piano, garpu tala, gitar lain, atau tunner) maka anda dapat mentuning semua senar pada gitar.


Langkah 1: Dengarkan file MP3 senar 6 ini
Tuning senar 6 anda dengan sambil mendengarkan nada dari MP3 tersebut. Ulangi terus menerus sampai berbunyi sama dengan senar anda. Jika anda mempunyai piano atau keybord maka anda dapat menentukan nada yang sama E rendah.

Sekarang senar 6 atau E rendah anda sudah dalam tertuning  maka anda harus mentuning semua senar.
kita tentunya sudah mengetahui bahwa urutan senar dalam gitar adalah E A D G B dan e  nah maka dari itu kita harus menggunakan urutan senar tadi sebagai acuan.



Langkah untuk mentuning gitar

  1. Pastikan senar 6 anda dalam keadaan tertuning.
  2. Petik dan tekan senar 6 pada fret 5 (A), lalu tuning senar 5(A) sampai bernada sama.
  3. Petik dan tekan senar 5 pada fret 5 (D), lalu tuning senar 4(D) sampai bernada sama.
  4. Petik dan tekan senar 4 pada fret 5 (G), lalu tuning senar 3(G) sampai bernada sama.
  5. Petik dan tekan senar 3 pada fret 4 (B), lalu tuning senar 2 (B) sampai bernada sama.
  6. Petik dan tekan senar 2 pada fret 5 (e), lalu tuning senar 1(e) sampai bernada sama.


No comments:

Post a Comment