Thursday, October 10, 2013

Bagian Gitar

Meskipun banyak tipe gitar yang berbeda-beda (acoustic, electric, classical, acoustic-electric, dll) mereka mempunyai sesuatu yang umum. Diagram di bawah akan menjelaskan berbagai bagian-bagian dari gitar.

Dalam ilustrasi di bawah pada bagian atas gitar adalah headstock, adalah istilah umum yang menggambarkan bagian gitar yang menempel pada bagian teramping dari gitar. Pada headstock terdapat tuner atau tuning machines  untuk mengatur nada atau pitch senar pada gitar.


Headstock adalah bagian yang menyatu dengan neck, diantara headstock dan neck anda akan menemukan nut. Nut adalah bagian kecil dari gitar biasanya terbuat dari tulang, plastic, dll, dimana mempuanyai alur kecil yangn menyatukan senar ke tuner atau tuning machine.

Neck pada gitar adalah bagian yang paling adan konsentrasikan, anda menekan jari anda pada neck untuk menciptakan nada yang berbeda-beda.

Neck pada gitar menyatu dengan bagia body gitar. Kebanyakan gitar acoustic dan classical mempunyai lubang pada body yang di desain untuk mengatur suara. Sedangkan gitar electric mempunyai solid body atau body yang padat dan tidak memiliki lubang seperti gitar acoustic, bagian lubang pada gitar electric di gantikan oleh benda yang bernama pickup, pickup adalah sebuah microphone kecil yang akan menangkap suara senar pada gitar electric.

Selanjutnya senar akan di hubungkan melalui tuner, nut, neck dan sampai ke bridge.




No comments:

Post a Comment